Kunjungan Fasilitator Program Sekolah Penggerak Angkatan 3

Berita , Oct 24 2023

Jum’at (29/10), SMPIT MODERN BIS mendapat kunjungan khusus dari fasilitator sekolah penggerak Angkatan 3, yakni Bapak Abdul Razak, M.Pd. Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana beliau ke sekolah penggerak binaan yang ada di kota Balikpapan. 

Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk bersilaturahmi dengan guru-guru, yang sebelumnya hanya bertemu melalui daring selama kegiatan PMO (Project Management Office), yang dilaksanakan mulai bulan Agustus 2023. Selain itu beliau juga melakukan pengecekan mengenai hasil dan implementasi dari pelatihan serta lokakarya yang telah dilaksanakan oleh SMPIT MODERN BIS, sebagai salah satu dari dua puluh tiga sekolah penggerak Angkatan 3 kota Balikpapan, di mana 6 di antaranya adalah jenjang SMP. 

Pada kunjungan tersebut, beliau melakukan pengamatan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas-kelas, yang kemudian disambung dengan refleksi kegiatan dan diskusi bersama para guru dan pegawai SMPIT MODERN BIS. Kegiatan refleksi dan diskusi, selain dihadiri oleh Pak Razak sebagai fasilitator, dan guru-pegawai SMPIT MODERN BIS, juga dihadiri oleh Bunda Indrawati Surachmad, yang sekaligus adalah manajer pendidikan Balikpapan Islamic School. 

Observasi pembelajaran oleh Bapak Abdul Rozaq
Berdasarkan hasil pengamatan dan kunjungan kelas, Pak Razaj sangat mengapresiasi implementasi kurikulum merdeka yang telah dilakukan oleh para guru di SMPIT MODERN BIS. Beliau menyampaikan, bahwa sudah terlihat prinsip-prinsip kurikulum merdeka yang dilaksanakan selama pembelajaran. Terlaksananya proses diferensiasi, baik dari segi proses dan produk oleh siswa, metode pembelajaran yang bervariasi, juga digitalisasi pembelajaran menjadi kekuatan yang diperlihatkan oleh SMPIT MODERN BIS. 

Beliau berpesan, semoga ke depan, SMPIT MODERN BIS dapat semakin meningkatkan dan mengembangkan program-program sekolah yang bermanfaat bagi siswa, tidak hanya untuk saat ini. Juga, dapat melakukan pengimbasan ke sekolah-sekolah lain sehingga manfaat sekolah penggerak tidak hanya dirasakan oleh internal sekolah, namun juga sekolah lainnya. []

(BY ARITA RAHMADHANI)