Lead Yourself To Be A Good Leader

Berita , Oct 29 2023

Balikpapan – Pada tanggal 04 September 2023 s/d 08 September 2023, Siswa-Siswi SMPIT Modern Balikpapan Islamic School Melaksanakan Kegiatan P5 dengan Tema Demokrasi “Lead Yourself To Be A Good Leader”.

Berdasarkan Kemendikbudristek Nomor 56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau yang sering disebut P5, merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter peserta didik sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusann (SKL). Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan, serta dirancang terpisah dari intrakurikuler.

Indonesia adalah salah satu negara yang diakui sebagai negara demokrasi. Dimana sistem demokrasi memberikan warga negara hak dan kebebasan untuk memilik para pemimpin mereka dan ikut serta dalam membuat kebijakan. Hal ini termasuk dalam salah satu kegiatan P5 dengan tema demokrasi, yang diharapkan dapat menjadi langkah baik dalam mengembangkan jiwa kepemimpinan dan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema demokrasi diharapkan dapat menjadi langkah yang baik dalam mengembangkan jiwa kepemimpinan dan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda terutama siswa-siswi SMPIT Modern BIS. Dikarenakan dengan hadirnya IKN di Kalimantan Timur, mengharuskan generasi muda untuk memiliki jiwa kepemimpinan terutama di era digital. Projek tema demokrasi pada kali ini memfokuskan peserta didik pada akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak bernegara, komunikasi dan interaksi antar budaya, berkeadilan sosial, menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya, serta refleksi pemikiran dan proses berpikir.

Kegiatan P5 Bersama Narasumber
Implementasi P5 dengan Tema Demokrasi di SMPIT Modern BIS, dilaksanakan dengan melakukan kegiatan Pemilihan Ketua OSIS untuk masa jabatan 2023/2024. Dan topik yang digunakan dalam kegiatan P5 Demokrasi pada kali ini adalah “Lead Yourself To Be A Good Leader”. 

Materi-materi yang disampaikan dalam kegiatan P5 Demokrasi : “Lead Yourself To Be A Good Leader” antara lain adalah

1. Manajemen Diri;  

2. Peran Pelajar dalam Kebangkitan Bangsa; 

3. Urgensi Pelajar Muslim di Era Modern/Digital; 

4. Keorganisasian dan Kepemimpinan; 

5. Forum Group Discussion (FGD): “Pemimpin Ideal itu yang Seperti Apa?”;

6. Kesekretariatan: Surat dan Proposal;

7. Public Speaking;

8. Lobbying dan Sponsorship; dan 

9. Mengenal OSIS.

Acara puncak pada kegiatan P5 ini adalah camping dan dilakukannya pemungutan suara terkait pemilihan ketua OSIS masa bakti 2023/2024 yang bertempat di Pantai Lamaru Sunrise Beach Balikpapan. 

By: Annisa Andika Karisa Putri