Mengenal Lebih Dekat Sang Penahan Arus Air Laut

Berita , Oct 28 2023

SMPIT Modern BIS setiap tahun mengadakan 2 kali kegiatan Visiting untuk siswa kelas 7,8 dan 9. Kegiatan Visiting merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di luar kelas sekaligus sebagai sarana siswa melakukan refreshing yang memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan. Kegiatan Visiting juga mengajak siswa untuk berpikir kreatif, memiliki pengalaman baru serta dapat melihat dan mengetahui permasalahan secara langsung, melalui kunjungan di luar sekolah.

Jelajah Mangrove
Semester ini, siswa kelas 8 berkesempatan mengunjungi salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di Balikpapan, yaitu Mangrove Center Graha Indah. Hutan Mangrove Graha Indah merupakan wilayah konservasi pohon bakau dan satwa endemik di Kalimantan. Tak hanya melihat tanaman bakau saja, di sini siswa juga bisa melihat Bekantan yang dengan bebasnya bergelantungan. Bekantan biasanya mudah ditemukan di batang pohon bakau karena mereka memakan pucuk pucuk daunnya.
Jelajah Mangrove
Sesampainya di Mangrove Center, kami disambut oleh pengurus yang diketuai oleh Pak Agus Bei. Kami juga mendapatkan pengetahuan tentang Hutan Mangrove. Hutan mangrove memiliki peranan yang cukup penting dalam menjaga kondisi alam di sekitar pantai. Ada beberapa manfaat dari keberadaan hutan mangrove di pinggir pantai, mulai dari penahan arus air laut (abrasi) hingga untuk menjernihkan air.

Untuk menyusuri hutan bakau, pengelola telah menyiapkan fasilitas perahu yang bisa mengangkut sebanyak 7-10 orang. Fasilitas keamanan pelampung juga sudah termasuk dalam fasilitas yang telah disediakan. Siswa kelas 8 menyusuri teluk Balikpapan selama 1 jam menggunakan perahu. Selama penyusuran, selain melihat pemandangan Balikpapan yang indah, siswa juga mendapatkan pengalaman mengambil bibit tumbuhan Mangrove.

Kegiatan Visiting kali ini juga berupaya menyadarkan siswa pentingnya tumbuhan Mangrove serta menumbuhkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan Kota Balikpapan kekayaan alam hayati berupa tumbuhan Mangrove.