SMPIT MODERN BIS GOES TO PARE

Berita , Oct 28 2023

(September, 2023).  Menjadi suatu pengalaman yang tak terlupakan bagi sebagian siswa/i SMPIT Modern BIS untuk belajar di Kampung Inggris Pare, Jawa Timur. 

Kegiatan Study Tour Pare perdana ini dilakukan siswa/i SMPIT Modern BIS. Kegiatan ini dilakukan selama 10 hari sejak 20-29 September 2023. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk  menggali dan mengembangkan bakat minat siswa dalam bidang Bahasa Inggris, melancarkan komunikasi dalam Bahasa Inggris dengan guru dan teman yang sesuai dengan motto sekolah kami yakni bilingual,  serta memberikan variasi metode belajar di alam terbuka agar tidak bosan. 

Kampung Inggris adalah satu desa di Pare, Kediri. Di tempat ini banyak sekali yang mendirikan kursus bahasa Inggris. Tempat belajar Bahasa Inggris yang kami pilih adalah Arrohman English Center (AEC) yang beralamatkan di Jl. Brawijaya No.104, Mangunrejo, Tulungrejo, Kec. Pare, Kabupaten Kediri. Peserta akan mendapatkan beberapa fasilitas saat di Pare, Kediri, yakni laundry, makanan dalam bentuk prasmanan 3x sehari, wifi, serta penginapan untuk siswa putra dan siswa putri.

Kegiatan selama di Pare
Para siswa/i diperbolehkan membawa HP untuk berkomunikasi dengan keluarga mereka. Namun ada rules untuk penggunaan HP. Hp hanya diberikan kepada siswa/i mulai pukul 06.00-07.30 WIB serta 17.15 – 19.15 WIB setiap harinya. Hal ini bertujuan agar siswa lebih focus dalam pembelajaran. 

Di hari pertama rombongan disambut dengan baik oleh pihak Arrohman. Dilanjutkan dengan kegiatan pembukaan serta perkenalan dengan seluruh peserta study tour. 

Hari ke-dua, siswa/i memulai kegiatan pukul 03.00 WIB dengan sholat tahajud, dilanjutkan dengan tilawah dan sholat subuh. Setelah sholat subuh siswa/i melaksanakan pretest untuk mengukur kemampuan awal mereka dalam berbahasa Inggris.  Kegiatan dilanjutkan dengan sarapan dan kelas pertama dimulai.

Rangkaian kegiatan pun berlanjut. Program akan berjalan selama 10 hari dengan jadwal yang padat. Mereka sangat antusias mengikuti rangkaian pembelajaran yang begitu dinamis dari para tutor, mulai dari Applicative Grammar yang mengajarkan cara mudah belajar Grammar, Speaking Therapy yang membuat para siswa belajar percaya diri ketika harus berpidato dengan bahasa Inggris, dan Conversation Booster yang memantapkan kelancaran siswa dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris. 

Metode belajar yang diterapkan disana sangat menyenangkan dan seru, membuat kelas selalu ramai dipenuhi canda tawa serta senda gurau. Games-games banyak dilakukan agar siswa/i tidak  merasa ngantuk dan bosan ketika belajar. Pembelajaran tidak hanya dilaksanakan indoor saja, tetapi outdoor juga. Seperti belajar di kedai yang berada di tengah kebun jagung serta di area car free day. Mereka diminta untuk mencari 5 orang asing dan berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini tentunya untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam mengasah kemampuan speaking

Tak hanya belajar, namun mereka juga mendapat kesempatan untuk mengunjungi tempat wisata. Senin, 25 September 2023 siswa/i menuju Cimory Land yang berada di Pasuruan untuk berwisata. Selain berwisata mereka juga harus membuat vlog dengan menggunakan Bahasa Inggris. Para siswa sangat antusias melakukan kegiatan ini. 

Dua hari berikutnya, mereka menuju Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk mengetahui minat bakat mereka. Alhamdulillah semua peserta disambut dengan baik di kampus tersebut. Setelah kunjungan UMM, alhamdulillah siswa/i telah memiliki pandangan untuk jenjang Pendidikan mereka berikutnya. Perjalanan dilanjutkan dengan menuju Jawa Timur Park 1 yang berada di Batu Malang. Para siswa/i sangat senang berkunjung ke area permainan ini. 

By: Lutfi Miar Anggita