VISITING SMPIT MODERN BIS KE HUTAN LINDUNG SUNGAI WAIN

Berita , Oct 28 2023

Balikpapan(24/8/23). Kunjungan SMPIT Modern Balikpapan Islamic School ke Hutan Lindung Sungai Wain(HLSW) dalam rangka Visiting kelas 7. 

Kegiatan Visiting ke HLSW adalah kegiatan rutin tahunan yang dilakukan SMPIT Modern BIS. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa/i tentang flora dan fauna, serta inovasi pembelajaran yang melibatkan aktivitas fisik dan menumbuhkan sikap peduli lingkungan. Kegiatan ini diikuti oleh 46 siswa/i kelas VII dan 12 guru selaku pendamping kegiatan. 

Setibanya di HLSW rombongan siswa/I SMPIT Modern BIS langsung disambut oleh pihak HLSW. Siswa/i diberi arahan dan materi seputar flora  fauna yang dilindungi yang ada di Hutan Lindung Sungai Wain.

Arahan dari pihak HLSW
‘’Sejak diberlakukan UU 23/2014, pengelolaan HLSW dilakukan oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Balikpapan. Sebelumnya, selama 16 tahun HLSW dikelola oleh Badan Pengelola Hutan Lindung Sungai Wain (BP-HLSW). ‘’ Jelas pak Agus Din selaku pihak HLSW.

Berdasarkan penjelasan yang dipaparkan bahwa terdapat 225 jenis satwa, 234 jenis spesies  burung, 94 jenis spesies mamalia, 17 jenis spesies ikan, 17 jenis Spesies amfibi, dan 126 jenis serangga. Diantara spesies-spesies itu terdapat beberapa hewan yang dilindingi yaitu  Macan Dahan, Beruang Madu, Lutung Merah, Uwa-Uwa, Orang Utan, Kera Ekor Panjang, Beruk, Bekatan, dan Lutung Dahi Putih.

Jelajah hutan 1
Sebelum memulai perjalanan menyusurui hutan  siswa/I diberikan arahan terkait track perjalanan dan perarturan selama penyusuran. Track HLSW terbagi menjadi track pendek, sedang dan panjang. Pemandu memilihkan track sedang namun memiliki beberapa rintangan untuk melatih ketangkasan dan fisik sisiwa/i. Track tersulit selama perjalanan adalah siswa/i harus menuruni tebing yang curang dengan saling bergandengan tangan sambil memegang seuntas tali. Beberapa siswi terjatuh saat menuruni tebing namun hal tersebut tidak membuat gentar siswa/I untuk mengekspore hutan semakin jauh.
Jelajah Hutan 2
Selama perjalanan siswa/i diberi penjelasan terkait flora dan fauna yang mereka temui. Siswa/i sangat antusias dan menikmati suasana di dalam hutan. ‘’ Rasanya pengen tinggal disini bunda, jauh dari Balikpapan yang macet dan berisik ‘’ ungkap salah seorang siswa. 

Mendekati akhir perjalanan rombongan siswa/i berkesempatan melihat dua ekor kera ekor panjang. Siswa/i sangat senang mendapat kesempatan berharga dapat melihat secara langsung hewan yang dilindungi tersebut. 

‘’ kami sangat berterima kasih atas kunjungan SMPIT Modern BIS yang telah berkunjung dan memberi bantuan pada kami. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat bagi adik-adik semua ‘’ ujar pak Agus di penghujung acara. Kegiatan Visiting diakhiri dengan penyerahan simbolis bantuan dari siswa/i kepada pihak HLSW.

Kegiatan Visiting Hutan Lindung Sungai Wain begitu berkesan bagi siswa/I SMPIT Modern BIS. Siswa/I tidak hanya belajar tentang flora dan fauna namun juga berpetualang bersama. Kedepannya semoga kegiatan ini dapat terus berlangsung sebagai kegiatan tahunan yang tetap. Harapannya lebih jauh bahwa kegiatan Visiting HLSW ini bisa menjadikan siswa/I SMPIT Modern BIS sebagi generasi penerus bangsa yang peduli dan cinta terhadap kelestarian Hutan di Indonesia.     

By: Ayu Lestari